News Update
  • Pendaftaran Ujian telah dibuka segera daftarkan diri anda

LSP AAMAI

Lembaga Sertifikasi Profesi Aplikasi Asuransi dan Manajamen Asuransi Indonesia

Latar Belakang

ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan ASEAN Free Labor Area (AFLA) merupakan wujud kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.


Era globalisasi dalam lingkungan perdagangan bebas antar negara, membawa dampak ganda, di satu sisi era ini membuka kesempatan kerjasama yang seluas-luasnya antar negara, namun disisi lain, membawa persaingan yang semakin tajam dan ketat. Mau tidak mau, Indonesia harus menghadapi era AFTA dan AFLA. Tantangan utama yang sedang Indonesia hadapi adalah meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor industri dan sektor jasa dengan mengandalkan kemampuan sumber daya manusia (SDM), teknologi dan manajemen. Sehingga mempersiapkan SDM yang unggul dan kompetitif merupakan langkah yang harus diambil para pemangku kepentingan dari semua sektor industri dan sektor jasa.


Pasar kerja nasional dan internasional menghendaki tersedianya SDM yang kompeten di bidangnya, banyak industri dan organisasi menuntut agar tenaga kerjanya memiliki sertifikat kompetensi yang kredibel. Sertifikasi profesi/kompetensi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki seseorang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersayaratkan. Berbagai negara juga mensyaratkan bahwa tenaga kerja asing yang ingin bekerja di negara tersebut harus memiliki sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga otoritas dari negara yang bersangkutan.


Di Indonesia pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan telah menetapkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai lembaga yang memiliki otoritas tersebut. BNSP dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 atas amanat UU No.23/2003.


Dalam melaksanakan sertifikasi, maka BNSP dapat mendelegasikan tugasnya kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSPP) dengan sistem lisensi. Hal inilah yang mendasari terbentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi Profisiensi Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (LSPP-AAMAI). LSPP AAMAI bersama-sama dengan para pelaku usaha dan pemangku kepentingan di bidang perasuransian berkomitmen untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, handal dan memiliki daya saing sehingga mampu bersaing di era AFTA dan AFLA.


Sertifikasi LSPP AAMAI menjadi jawaban bagi SDM di Indonesia khususnya bidang perasuransian dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era AFTA dan AFLA, sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing SDM lokal terhadap dengan SDM Asing dari seluruh penjuru dunia.